Pengantar ISBD ( Ilmu Sosial Budaya Dasar)


.


Pengertian ISBD (Ilmu Sosial Budaya Dasar)
Pengertian ISBD (Ilmu Sosial Budaya Dasar) sebagai integrasi antara Ilmu social Dasar dan Ilmu Budaya Dasar yang memberikan dasar-dasar pengetahuan social dan konsep-konsep budaya kepada mahasiswa sehingga mampu mengkaji masalah social kemanusiaan dan budaya.Dengan mempelajari ISBD ini, mahasiswa diharapkan peka, tanggap, kritis, serta berempati atas solusi pemecahan masalah social dan budaya secara arif.Isinya benar-benar menyentuh pembangunan karakter manusia. Karena tidak akanada artinya sebuah pendidikan tinggi yang menghasilkan cendikiawan tetapi tidak berbudaya dan tidak bermoral.
Misi ISBD
Memberikan landasan dan wawasan yang luas serta menumbuhkan sikap kritis peka dan arif pada kesederajatan manusia dalam kehidupan bermasyarakat selaku individu dan makhluk social yang beradab serta bertanggung jawab terhadap sumber daya dan lingkungannya.
Kompetensi ISBD
Menjadi ilmuwan dan professional yang berfikir kritis, kreatif, sistemik dan ilmiah, berwawasan luas, etis, estetis serta memiliki apresiasi, kepekaan dan empati social, bersikap demokratis, berkeadaban serta ikut berperan mencari solusi pemecahan masalah social budaya secara arif.
Tujuan ISBD
1.      Mengembangkan kesadaran mahasiswa menguasai pengetahuan tentang keanekaragaman dan kesederajatan manusia sebagai individu dan makhluk social dalam kehidupan bermasyarakat.
2.      Menumbuhkan sikap kritis, peka dan arif dalam memahami keragaman dan kesederajatan manusia dengan landasan nilai, estetika, etika, dan moral dalam kehidupan bermasyarakat.
3.      Memberikan landasan dan wawasan yang luas serta keyakinan kepada mahasiswa sebagai bekal bagi hidup bermasyarakat, selaku individu dan makhluk social yang beradab dalam mempraktikkan pengetahuan akademik dan keahliannya.
4.      Makhluk social yang beradab dalam mempraktekkan pengetahuan akademik dan keahliannya.


Your Reply