Manusia dan Lingkungan


.



Manusia adalah mahluk hidup ciptaan tuhan dengan segala fungsi dan potensinya yang tunduk kepada aturan-aturan Tuhan.
Lingkungan merupakan suatu media dimana mahluk hidup tingal, mencari penghidupan dan memiliki karakter serta fungsi karakter yang khas.
Relasi manusia dan lingkungan adalah yang timbal balik dan simbiotik mutualisme. Hal ini disebabkan karena manusia hidup di alam lingkungan hidup dan alam sebagai lingkungan hidup juga membutuhkan manusia sebagai pelestariannya. Maka dapat di katakan mausia butuh alam untuk kehidupannya dan alam juga membutuhkan manusia untuk pelestariannya.
            Kita ketahui dalam al-Quran tertulis firman alloh tentang manusia dan lingkungan yang berbunyi “wa idzqala rabbuka lil malaikati inni ja’ilun fi al ardhi khalifah”. Yang artinya : “dan ketika Tuhanmu berkata kepada malaikat, sesungguhnya aku akan menciptakan khalifah di dunia”.  Oleh sebab itu di dalam konsep islam, maka terdapat 2 fungsi manusia dlam kehidupannya,yakni:
1.      Sebagai abdun atau hamba Alloh. Maka di sini fungsi manusia adalah untuk melakukan pengabdian.
2.      Sebagai khalifah atau wakil Alloh dibumi. Maka memilki fungsi amanah, tanggungjawab, wewnang, kebebasan nementukan pilihan dan kreavitas akal. Sehingga di sini fungsi manusia lebih banyak untuk di luar dirinya, manusia lain dan alam seluruhnya.

Sehingga disini di harapkan supaya bisa memahami dalam  pengembangan dan pemeliharaan lingkungan, bagaiman apengaruh lingkungan bagi diri dan masyarakat serta bagaimana bila manusia mengembangkan lingkungan tanpa dilandasi nilai-nilai moral, etika dan religi.

Your Reply